Strategi Profit Gold M5

  • by

Trading di market gold sangat menarik untuk ditekuni. Bagi yang terbiasa dengan analisa teknikal harian menggunakan multiple timeframe M30 dan H4, akan lebih mudah mengaplikasikannya.

Strategi yang saya pakai untuk trading gold adalah menggunakan timeframe M30 sebagai roadmap, dan timeframe M5 sebagai entry point.

Seperti biasa, karena saya adalah trend-following trader maka mencari posisi di mana trend sedang berlangsung atau baru saja berlangsung. Ciri-ciri trend sedang berlangsung itu bagaimana?

Dengan menggunakan indikator Moving Average kita bisa mengetahui trend yang terjadi. Setting indikator Moving Average yang biasa saya gunakan adalah EMA 21, EMA34, dan EMA 90. Juga kadang saya tambahkan SMA 200 sebagai filter gambaran trend besarnya.

Identifikasi trend pada M30 dengan cara melihat cross atau persilangan antara EMA 21 dan EMA 34. Sementara itu EMA 90 dapat digunakan sebagai support resistance. Kita lihat gambar di bawah ini.

Kemudian saya juga menggunakan indikator oscillators yaitu Stochastic 5,3,3. Fungsi indikator Stochastic ini untuk memberikan konfirmasi bahwa trend memang sedang atau akan berjalan. Caranya adalah dengan melihat saat posisi garis %D dan %K terjadi cross atau persilangan.

Tentu saja nggak selalu saat cross %D dan %K terjadi kemudian kita bisa entry, tetapi kita melakukannya saat berada di atas level 80 untuk resistance, dan di bawah level 20 untuk support. Jadi jika sudah berada di atas level 80, kita bisa mengasumsikan harga sudah overbought (jenuh jual) dan sebaliknya jika berada di bawah level 20 berarti harga sudah oversold (jenuh jual).

Roadmap M30

Kamu bisa membuat roadmap lebih dulu di timeframe M30 untuk memudahkan membaca trend. Cukup dibatasi di M30 karena menurut saya strategi trading ini adalah semi scalping. Kita lihat gambar di bawah ini untuk gambaran M30 sebagai roadmap.

XAUUSD M30

Saya membuat trendline dengan cara menarik garis dari titik terendah di mana harga telah berbalik arah, kemudian saya buat trend channel dengan meng-copy garis support trend tadi ke atas. Kamu bisa tambahkan garis support resistance klasik juga di sana.

Bagaimana cara entry trading gold XAUUSD?

#1 Lihat trend yang sedang terjadi di timeframe M30

Cara melihatnya adalah dengan memastikan EMA 21 dan EMA34 sudah terjadi persilangan, dan terbuka. Pada gambar tersebut lihat pada chart bagian kiri yaitu pada saat sudah reversal menuju trend bullish.

#2 Tarik garis fibonacci

Dari swing low sebelum cross EMA 21 dan EMA 34 terjadi, ke titik higher high harga sesudah cross EMA. Tandai area golden yaitu antara 38.2 sampai 61.8 kemudian kamu bisa entry di area tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *