10 Strategi Marketing yang Ampuh Mendatangkan Customer

  • by
merancang strategi marketing bisnis

Mengembangkan usaha memerlukan strategi marketing yang berkualitas sehingga ampuh mendatangkan customer. Yang diharapkan adalah tak hanya mendatangkan customer, tetapi juga menjadikannya pelanggan seumur hidup.

Tahun 2020 memang menjadi tahun yang cukup melelahkan bagi hampir semua lini bisnis di Indonesia dan seluruh dunia. Meski demikian kamu tetap harus memahami bagaimana strategi marketing yang tepat baik secara digital maupun tradisional agar bisnis yang kamu tekuni tetap bertahan dan berkembang.

Konsep marketing selalu dinamis, berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Jadi sangat penting mengalokasikan sumber daya yang kamu miliki untuk mendapatkan gambaran besar atas tren marketing yang sedang berlangsung.

Baiklah, pada tulisan saya kali ini kita akan sama-sama belajar strategi marketing terbaik untuk mendatangkan customer yang bisa diterapkan pada bisnismu. Jika kamu ingin menjadi yang terbaik dibanding kompetitor, pastikan kamu mampu menarik audiens, potensial audiens, dan juga audiens miliki kompetitor.

Setiap perusahaan pun memiliki konsep yang berbeda dalam menerapkan strategi marketing mendatangkan customer. Kita mulai saja pembahasannya, silakan nanti kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan yang ada di bisnismu.

#1 Personalisasi

Model pemasaran B2B maupun B2C juga memerlukan personalisasi agar calon pelanggan dapat merespon konten atau produk yang kamu tawarkan seperti sedang berbicara langsung dengan kamu.

Meskipun target pasar kamu adalah perusahaan, tetapi di dalam perusahaan itu isinya juga manusia. Jadi personalisasikan model komunikasi pemasaran kamu agar terasa lebih dekat dengan calon pelanggan.

#2 Konten yang informatif

Algoritma Google sudah berbeda dibanding beberapa tahun lalu yang masih mengutamakan kata kunci, kecepatan, dan angka sebagai penentu posisi SEO di halaman mesin pencari.

Karena yang lebih utama dari hanya sekadar SEO adalah konten itu sendiri. Bagaimana kamu membuat konten yang selain informatif juga harus menarik sehingga pengunjung blog atau situs bisnis kamu menjadi suka dan betah berlama-lama di sana.

#3 Ngiklan di Facebook

Tak bisa dipungkiri kalau Facebook masih menjadi primadona media sosial. Sejauh ini Facebook menjadi tempat yang menarik pebisnis untuk memasang iklan di sana. Harga yang ditawarkan juga realistis untuk pebisnis pemula dengan benefit cukup banyak yang bisa diperoleh.

Kamu bisa menargetkan orang-orang tertentu sesuai buyer persona yang sudah kamu tentukan sendiri, memilih lokasi, jenis kelamin, dan usia. Bahkan kamu bisa mengetahui bagaimana perilaku konsumen yang kamu targetkan.

Konsep umum beriklan di Facebook adalah dengan memberikan tagline yang menarik, deskripsi yang bagus, dan gambar yang atraktif di mata, sehingga audiens pun tertarik melakukan action seperti yang kamu harapkan. Action itu dapat berupa langsung menghubungi via telpon, menuju halaman penjualan atau landing page kamu.

#4 Membangun brand di Instagram

Ini tidak harus kamu lakukan, tapi jika target audiens kamu adalah kaum muda ada baiknya jadikan Instagram sebagai tempat membangun brand bisnis. Membangun brand adalah bagian tak terpisahkan dari strategi marketing apapun termasuk strategi mendatangkan customer. Instagram akan membantu bisnismu semakin dikenal luas di kalangan anak muda.

Menggunakan Instagram dengan cara yang tepat juga akan menghasilkan konversi yang besar. Karena itu kamu perlu belajar bagaimana cara mengoptimalkan Instagram untuk bisnis. Di sana pun kamu bisa memasang iklan layaknya seperti di Facebook.

Saya rasa baik Facebook maupun Instagram dapat memberikan impact besar untuk kesuksesan jangka panjang sebuah bisnis.

#5 Konsistensi penulisan nama bisnis

Jika jenis usaha kamu adalah bisnis lokal atau menyediakan produk/jasa khusus di kota tempat kamu tinggal, ada baiknya mulai belajar tentang SEO lokal. Contoh sederhananya kamu bisa tambahkan nama kota kamu di belakang jenis usaha, “Jasa Pasang CCTV Salatiga”; “Jual Anggrek Salatiga”.

Selain itu konsistensi penulisan nama bisnis dan informasinya juga penting saat kita melibatkan Google My Businses. Tentu kamu tidak ingin bukan calon pelanggan malah tersesat ke bisnis milik orang lain dan melakukan pembelian atau transaksi di sana.

#6 Mengembangkan ulasan

Usaha mengembangkan ulasan bukan berarti kamu sendiri yang membuat ulasan palsu di Google My Business. Ulasan kamu di GMB bisa turut membantu menaikkan peringkat pencarian di mesin pencari khususnya untuk pencarian lokal.

Ciri pencarian lokal sangat terlihat jelas pada nama kota yang disebutkan. Misal seseorang mencari informasi “pesan ayam serundeng salatiga”, maka akan muncul tempat kamu jual ayam serundeng dengan peringkat bintang tertinggi dan ulasan terbanyak.

Cari cara agar pelanggan yang puas dengan pelayananmu memberi peringkat dan ulasan di Google. Misalnya dengan cara memberikan diskon untuk pembelian selanjutnya setelah mereka memberikan peringkat dan ulasan, atau mungkin bisa memintanya saja dengan baik.

Jika mereka memang benar-benar puas pasti akan memberikan peringkat dan ulasan dengan sukarela. Dengan demikian ini akan sangat menguntungkan untuk meningkatkan popularitas dan posisi di mesin pencari bisnis lokal.

#7 Kupon Diskon

Kupon diskon bisa menjadi pertimbangan calon pelanggan memutuskan membeli produk yang ditawarkan. Mungkin bisa diistilahkan dengan memberikan ‘harga perkenalan’ sebelum nanti akhirnya pada periode waktu tertentu harga kembali normal.

Dari situ kamu bisa melihat bagaimana perilaku konsumen dan berapa banyak pelanggan baru yang datang saat diskon itu kamu berikan.

#8 Pasang iklan di media cetak

Media sosial, marketplace, dan pemasaran digital lainnya memang telah berhasil menggeser kejayaan media cetak. Namun jangan salah, media cetak masih ada dan memiliki penggemarnya sendiri.

Memasang iklan di koran lokal tetap bisa mendatangkan pelanggan baru dengan catatan iklan kamu pun harus menarik. Jika hanya iklan baris saja tentu tidak menarik. Sesuaikan dengan budget pemasaran kamu juga pastinya.

#9 Kirim surat

Saya juga masih menggunakan cara ini yang menyasar pada perusahaan sebagai target market penjualan produk timbangan digital maupun jasa perbaikannya.

Menurut saya cara ini masih efektif karena perusahaan yang akan saya tuju sudah saya buat profilnya, perusahaan mana saja yang membutuhkan timbangan untuk proses produksinya.

#10 Menggunakan video

Bagi sebagian orang lebih suka menonton video dibandingkan harus membaca seribu lebih kata sebuah artikel. Kamu bisa mendistribusikan video tentang bisnismu melalui Youtube atau Instagram.

Jangan lupa untuk melakukan promosi konten video kamu agar semakin banyak calon pelanggan yang mengetahui apa bisnismu.

Bonus

#Podcast

Sekarang podcast mulai dilirik sebagai media yang cocok untuk beriklan. Bahkan sekarang sudah semakin populer setelah banyak artis ataupun para pakar bidang tertentu yang memiliki chanel podcast sendiri. Di podcast kamu bisa memasang iklan pada acara yang relevan dengan produk kamu agar dapat menjaring audiens yang tertarget.

Kamu pun juga bisa memulai podcast sendiri untuk terhubung dengan pelanggan dan memperkuat brand perusahaan kamu.

Manfaatkan tools yang sesuai

Banyak software atau aplikasi digital di pasaran yang bisa membantu kamu mengetahui data tentang pelanggan, yang bisa mengetahui seberapa efektif dan efisien strategi pemasaran yang paling pas buat kamu.

Kamu bisa menggunakan manajemen sistem informasi, software Customer Relationship Management untuk mengembangkan strategi marketing agar dapat bersaing dengan bisnis milik kompetitor.

Penutup

Segera terapkan strategi marketing yang paling sesuai dengan bisnismu.

Sebenarnya tidak ada satu strategi yang terbaik, yang ada adalah strategi marketing yang sesuai dengan bisnismu dan perilaku pelangganmu. Dan sifatnya adalah dinamis, kita tidak bisa menetapkan satu strategi marketing berlaku untuk selamanya. Harus pintar-pintar menganalisa pasar dan beradaptasi agar bisa mengikuti pasar.

Dengan demikian bisnismu akan semakin berkembang di tengah ketatnya persaingan bisnis di seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia.

Baik, saya sudahi dulu ya ngobrol tentang strategi marketing yang ampuh mendatangkan pelanggan kali ini. Jika kamu mendapatkan manfaat dari tulisan ini, lain waktu kunjungi lagi ya, karena di sini masih ada tulisan lain tentang bisnis, digital marketing, sains dan teknologi.

sumber:
myfrugalbusiness.com
niagahoster.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *